Jalankan Bisnis UMKM Dengan 4P

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian usaha kecil adalah kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat. Dalam merintis UMKM, terdapat strategi 4P yang mampu mendukung bisnis tersebut, yakni:
1.       Product/ produk
Produk yang anda miliki haruslah berkualitas dan unggul.  Bila bisnis anda menjual produk yang baik, maka konsumen akan terpuaskan dengan apa yang anda berikan.
                                                    
2.       Price/ harga
Patikan harga yang anda tetapkan sesuai dengan keadaan target pasar dan kualitas produk anda. Bila target pasar anda adalah mahasiswa, tentu anda tidak bisa menetapkan harga sangat tinggi hingga tidak terjangkau oleh kantong mahasiswa. Dalam hal ini anda harus jeli, agar konsumen tetap datang membeli produk anda.

3.       Promotion/ promosi
Promosikan bisnis UMKM anda sesuai dengan target pasar anda. Promosi bukan bicara seberapa banyak anda menyebar poster atau memasang spanduk, namun tentang tepatnya anda mempromosikan usaha anda kepada target konsumen anda. Sosial media bisa menjadi pilihan yang bijak dan murah bila anda ingin mempromosikan bisnis UMKM anda.

4.       Place/ tempat
Tempat juga menjadi pertimbangan yang serius dalam membangun bisnis UMKM anda. Sudahkah tempat anda memberikan kenyamanan? Atau sudahkah tempat anda terjangkau oleh target konsumen anda? Menentukan dan menghadirkan tempat yang bijak akan membuat konsumen datang dan terpuaskan.

Stasiun Susu Salatiga (Stasus) adalah contohnya, dimana Stasus telah lama menerapkan cara tersebut untuk dapat terus eksis selama 5 tahun di dalam bisnisnya. Begitulah langkah-langkah dalam membangun sebuah bisnis, kiranya artikel ini bermanfaat untuk para pembaca. 

Sempatkan untuk berkunjung ke Stasiun Susu Salatiga sembari merasakan varian rasa susu yang lezat, yang berada di Jl. Yudistira no. 3, Grogol Baru, Salatiga. Stasiun Susu Salatiga buka dari jam 16.00 – 22.00 WIB.



#SusuMurni
#SusuSalatiga
#SusuSapiSalatiga
#TempatNyusuSalatiga
#KulinerJatengGayeng
#SusuEnakSalatiga
#KulinerSehat
#KulinerSalatiga
#StasiunSusuSalatiga
#SusuKhasSalatiga
#TempatMakanSalatiga
#SusuSapiJatengGayeng

Post a Comment

Lainnya