Susu Cair Segar dapat Menurunkan Lemak Tubuh


Susu Cair Segar dapat Menurunkan Lemak Tubuh


Susu Cair Segar dapat Menurunkan Lemak Tubuh
Salah satu faktor seseorang berhenti mengonsumsi susu di usia remaja adalah karena adanya rasa khawatir kalau susu dapat menaikkan berat badan. Padahal pemikiran tersebut tidak benar. Sekalipun bukan lagi anak-anak, remaja (dan dewasa) pun tetap perlu meminum susu. Selain itu, anggapan bahwa susu dapat membuat gemuk juga tidak benar.
Pada sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of the American College of Nutrition, dikemukakan bahwa remaja yang mengonsumsi makanan berbasis susu pada umumnya memiliki tingkat lemak tubuh yang lebih rendah dibanding remaja yang mengurangi konsumsi susu. Penelitian dilakukan terhadap 6095 anak-anak usia 5-11 tahun dan 4520 remaja dengan umur 12-16 tahun.
Peneliti menemukan bahwa pada anak-anak usia 5-11 tahun, tidak ditemukan hasil konsisten antara konsumsi susu dan lemak badan. Akan tetapi pada remaja, kelompok yang mengonsumsi susu paling sedikit memiliki lemak tubuh yang lebih tinggi dibanding kelompok yang mengonsumsi susu paling banyak. Dibanding dengan remaja wanita yang mengonsumsi susu paling rendah, remaja wanita yang mengonsumsi satu hingga tiga sajian sehari memiliki lemak tubuh lebih tipis 2.5 mm. Sedangkan remaja wanita yang mengonsumsi 3 sajian atau lebih memiliki lapisan lemak lebih tipis 5 mm. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumsi susu pada remaja dapat menurunkan lemak tubuh.
Post a Comment

Lainnya