5 Jari Untuk 5 Nutrisi

Pemenuhan nutrisi sangat penting bagi anak-anak yang tengah dalam masa pertumbuhan. Terpenuhinya kecukupan nutrisi, juga dapat melindungi anak-anak dari berbagai ancaman penyakit. Agar Milk Lovers lebih mudah dalam mengingat 5 nutrisi penting tersebut, ingat saja 5 jarimu.

Jempol = Kalsium

Kalsium berperan penting dalam membantu proses pertumbuhan terutama untuk kekuatan tulang. Selain itu, kalsium juga membantu menstabilkan irama jantung, pembekuan darah dan fungsi otot. Sumber makanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan kalsium adalah susu cair segar dan produk turunannya (seperti keju, yogurt), sayuran berdaun hijau, ikan teri, ragi dan wijen.

Jari telunjuk = Serat Pangan (Dietary Fiber)

Memperbanyak konsumsi bahan pangan yang berserat sangat penting untuk pasokan bahan bakar pertumbuhan dan perkembangan. Sumber terbaik serat pangan untuk anak-anak terdapat pada  buah-buahan, sayuran, kecambah, biji-bijian dan sereal.

Jari tengah = Kalium

Kalium (Potassium) akan memberikan perlindungan pada jantung dan fungsi otot, memelihara keseimbangan cairan, berpartisipasi dalam produksi energi dan mempromosikan tulang yang kuat. Sumber terbaik mineral kalium adalah buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian, produk susu, daging dan makanan laut.

Jari manis = Vitamin D

Vitamin D dibutuhkan dalam penyerapan kalsium, memaksimalkan pertumbuhan dan kekuatan tulang. Sumber vitamin D terdapat pada sinar matahari, produk susu, sereal, jus jeruk dan yoghurt. Adapun sumber makanan lain yang kaya vitamin D termasuk di antaranya ikan berlemak sehat seperti salmon dan tuna.

Jari kelingking = Vitamin E

Vitamin E penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena merupakan  antioksidan yang kuat. Antioksidan berperan penting untuk menangkal radikal bebas, yang dapat bersumber dari polusi udara, asap rokok dan sinar ultraviolet (UV)Vitamin E terkandung di dalam gandum, kacang-kacangan dan selai kacang asli.

Post a Comment

Lainnya